Link Banner
Link Banner

Wednesday, May 2, 2018

Inilah Asal Usul Kemeja Dan Jenis Jenisnya

Dalam kesempatan kali ini adamin akan memberikan informasi khusus buat kamu para pecinta kemeja sejati. Mengapa dikatakan khusus? Ya karena artikel edisi kali ini yaitu tentanga asal usul kemeja dan jenis-jenisnya. Jadi Buta kamu segai pecinta kemeja sejati wajib tahu dong tentang sejarah kemeja untuk menamnbah wawasan mengenai pakaian yang memiliki ciri khas kerah yang satu ini.

Kemeja adalah salah satu fashion ikon yang menjadi pilihan banyak orang, baik pria maupun wanita. Tahukah anda bagaimana awal mula kemeja muncul dan mulai dikenal luas masyarakat dunia?. Mari kita menjelajah lorong waktu.

Apa itu kemeja?. Kemaja adalah pakaian dengan ciri khas berkerah, memiliki lengan panjang, berkancing dari atas sampai bawah dan beberapa memiliki kantong di salah satu sisi dan atau kedua sisinya. Kemeja dikenal pertama didaratan eropa dengan sebutan Camisa, yang masih dekat dengan bentuk aslinya, blus, dari bahasa Perancis, terutama untuk wanita dan hem dari bahasa Belanda.

Kemeja pada awalnya dikenal di kaawasan eropa dengan ciri khas kemeja memiliki renda di sepanjang dada hingga perut. Dulu kemeja hanya berwarna putih. Pada abad ke 17 di Eropa, kemeja merupakan pakaian para bangsawan, kemeja putih berenda menjadi pakaian kerajaan inggris, biasanya dipadupadankan dengan Tuxedo. Fakta ini tertulis pada buku Men’s Wardrobe seri Chic Simple.

Perkembangan kemeja dimulai pada tahun 1800, dengan model ruff yaitu kemeja dengan kerah dari bahan bulu yang tidak dapat dilipat sehingga pemakaianya sulit bergerak, namun popularitasnya meredup setelah HG Wells membuat kemeja berkerah yang dapat dilipat dan dirasakan lebih nyaman untuk digunakan, seperti yang kita pakai sekarang..

Kehadiran kemeja di Indonesia tahun 1918 dibawa oleh saudagar kaya dan berkembang pada masa penjajahan Belanda. Kemeja pada saat itu merupakan pakaian yang mewah, berkelas dan prestisius sehingga penggunanya sangat terbatas.

Jenis-jenis kemeja

• Camp shirt – kemeja lengan pendek atau blus sederhana dengan saku depan dan kerah samping. Kemeja ini dipercaya kawula muda sebagai pilihan busana agar terlihat rapih namun tidak terkesan kaku alias semi-formal. Cocok digunakan untuk kuliah sehari-hari. Kemeja ini cocok juga dipadukan dengan celana jeans dan jaket agar terlihat lebih muda dan trendi.

• Dress shirt – kemeja dengan kerah formal (agak kaku), umumnya dengan bukaan penuh dari bawah hingga kerah dan mengunakan kancing dan lengan dengan manset. Ini dia jenis kemeja yang digunakan untuk acara formal, seperti wisuda misalnya. Menggunakan kemeja jenis ini memang paling cocok dilengkapi dasi panjang, apalagi dengan setelan jas hitam dan sepatu pantofel dijamin kadar ketampanan anda bertambah. Bisa juga diganti jasnya dengan rompi agar mmeberikan kesan eksekutif muda.

• Dinner shirt – kemeja khusus dibuat untuk dikenakan dengan pakaian malam laki-laki, misalnya dasi hitam atau dasi putih. Kemeja jenis ini biasa kita jumpai dipakai oleh karyawan hotel pria yang melayani tamu eksklusif, karena branding baju ini adalah, rapih dan bersih, namun sayangnya kita akan berpikir berkali-kali untuk memakaianya, karena tipikal outfit yang satu ini perlu momen yang tepat, misalnya ke pesta dansa. Jika ingin lebih trendi kita bisa memakai luaran berupa jas hitam.

• Winchester Shirt – sebuah baju kemeja bergaris atau berwarna namun dengan kerah putih dan manset. Kemeja ini lazim digunakan pegawai kantoran karena kesan rapih namun tetap dinamis. Kemeja ini sangat nyaman baik digunakan dengan atau tanpa dasi. Kemeja ini bisa dibentuk menjadi kesan formal maupaun casual dengan bagian lengan dilipat sampai siku tangan.

• Guayabera – sebuah kemeja bersulam (bordir) dengan empat saku. Kemaja jenis ini agaknya sulit ditemui jaman sekarang. Entah karena memiliki empat saku sehingga terkesan terlalu rame, apalagi umumnya pria senang dengan sesuatu yang simple. Namun model ini diadopsi oleh pembuat pakaian muslim pria. Kita mengenalnya dengan sebutan baju koko, namun bedanya baju koko tidak berkerah lipat.

• Poet shirt – kemeja longgar atau blus dengan lengan uskup penuh, biasanya dengan embel-embel besar di depan dan di manset. Fashion item ini lazim digunakan oleh perempuan yang ingin tampil casual namun dituntut berpakaian rapih, baju jenis ini bisa jadi alternative.

No comments:

Post a Comment